RSS

Mengenal Cat Non Toxic

cat non toxicSejak beberapa tahun belakangan ini marak sekali kita mendengar istilah cat non toxic yang sering diunggul-unggulkan para produsen mainan edukatif lokal. Hal ini wajar mengingat mainan anak yang datang dari Cina dan dijual dengan harga murah meriah memang terkenal bermasalah dalam banyak hal termasuk cat yang apabila dibuka menimbulkan bau menyengat yang sangat tajam. Tapi benarkah mainan edukatif lokal menggunakan cat non toxic alias cat yang tidak beracun ?

Sebetulnya ini adalah istilah yang tidak tepat, sebab cat itu sendiri sudah toxic alias racun, yang kalau diminum pasti akan menyebabkan gangguan organ tubuh, sedikit atau banyak. Berbeda dengan pewarna makanan yang boleh digunakan dalam kadar tertentu. Sebetulnya istilah cat non toxic adalah istilah yang biasa digunakan untuk green paint atau cat yang ramah lingkungan di mana kandungan cat itu rendah timbal dan merkuri, tetapi bukan berarti bebas racun atau bahkan ada yang berlebihan dengan menyebutnya anti racun. Dari sisi pengenceran pun green paint ini biasanya menggunakan air dan bukan theener, ini kelebihan lain cat ini bagi pengguna produk mainan. Kekurangannya cat ini lama sekali mengering berbeda dengan yang menggunakan theener yang cepat mengering. Akibatnya kadang mainan yang dipesan bila cuaca tidak mendukung akan semakin lama jadinya atau kadang bila diburu pelanggan akan menyebabkan mainan lengket satu sama lain sebab telah ditumpuk sebelum benar-benar kering.


Bolehkah Masuk ke Mulut Anak ?

Cat ini memang lebih baik dan lebih aman dari cat minyak yang biasa dipakai mengecat besi seperti cat murah meriah cap k***a, atau cat duco dari sisi ramah lingkungan. Walau cat ini tidak mengeluarkan bau yang menyengat tetap saja sangat tidak dianjurkan bila mainan itu sampai masuk ke mulut anak seperti dikulum atau dijilat dan anak pun tetap dianjurkan mencuci tangan setelah bermain karena cat tetaplah cat di mana dia pada dasarnya adalah racun walau kandungan toksitasnya rendah. Namun untuk produk anak cat ini sangat dianjurkan sebab cenderung lebih aman dan ramah lingkungan. Semakin baik kualitas cat akan semakin mahal harganya dan begitu juga dengan cat ini yang juga berakibat langsung pada lebih tingginya harga mainan yang menggunakan cat ini.

----------------
Lihat Katalog Mainan dengan Cat Non Toxic

1 komentar:

Unknown said...

Mohon infonya dimana saya bisa membeli cat non toxsic untuk kayu mainan anak,terimakasih

Post a Comment